“Inovasi lahir dari keberanian mencoba, kesediaan belajar, dan kemauan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang baru.”
PEMBUATAN GAME SMART PLAY
Salah satu karya inovasi yang saya buat dan kembangkan adalah game edukatif berbasis AI bernama Smart Play. Game ini dirancang untuk membuat pembelajaran lebih interaktif, menyenangkan, dan dekat dengan dunia murid. Melalui Smart Play, murid dapat belajar sambil bermain, mengeksplorasi materi dengan cara yang lebih kreatif, serta melatih keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif.
Bagi saya, Smart Play bukan sekadar aplikasi, tetapi wujud nyata bagaimana teknologi bisa dimanfaatkan untuk mendukung pendidikan yang relevan, bermakna, dan berorientasi pada masa depan.
Perjalanan mengembangkan Smart Play juga memberikan pengalaman berharga. Saya belajar banyak hal baru, mulai dari menyusun konsep, menyesuaikan konten dengan kebutuhan murid, hingga menguji coba langsung di kelas. Melihat antusiasme murid saat memainkan game ini menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk terus berinovasi dan menghadirkan ide-ide segar dalam pembelajaran.
Ke depan, saya berharap Smart Play dapat berkembang lebih luas, tidak hanya digunakan di kelas saya, tetapi juga menjadi inspirasi dan sarana belajar yang bisa dimanfaatkan oleh lebih banyak guru serta murid di berbagai tempat.
KARYA TULIS
(LAPORAN AKTUALISASI)
Salah satu karya tulis ilmiah yang saya susun berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Gerak Lokomotor melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Information and Communication Technology (ICT) pada Siswa Kelas VI di UPT Satuan Pendidikan SDN Kalirejo Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan.”
Karya ini lahir dari kepedulian saya terhadap pentingnya inovasi dalam pembelajaran PJOK, khususnya bagaimana mengaitkan gerak lokomotor dengan strategi pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan sesuai perkembangan zaman. Melalui penerapan model PBL berbasis ICT, siswa tidak hanya berlatih gerak, tetapi juga dilibatkan dalam pemecahan masalah, kolaborasi, serta memanfaatkan teknologi sebagai sarana pendukung.
Bagi saya, karya ini bukan hanya catatan akademis, melainkan pengalaman nyata yang menunjukkan bahwa kombinasi antara metode yang tepat dan pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan hasil belajar sekaligus menumbuhkan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran.